Kamis, 18 Januari 2018

Buah jambu biji yang banyak manfaat dan kasiat untuk kesehatan kita.

Buah jambu biji atau biasa di sebuat jambu klutuk merupakan buah yang paling banyak di jumpai di negara ini. Ternyata buah yang satu ini memiliki banyak kandungan nutrisi penting yang di butuhkan oleh tubuh terutama kandungan vitamin C yang sangat tinggi bahkan 3-5 kali lebih banyak di bandingkan vitamin C buah jeruk.

Kadungan gizi dan nutrisi pda jambu antara lain ialah:
  • Air 86 gram Asam pantotenat 0.451 mg 9% Crypto-xanthin-ß 0 mcg Besi 0,26 mg 3% Energi 68 Kcal 3,5 lektrolit Folates 49 mcg 12,5% Fosfor 11 mg 2% Total Lemak 0,95 g 3% Thiamin 0,067 mg 5,5% Vitamin A 624 IU 21% Vitamin C 228 mg 396% Vitamin E 0,73 mg 5% Vitamin K 2.6 mcg 2% Kalium 417 mg 9% Kalsium 18 mg 2% Karbohidrat 14,3 g 11,5% Kolesterol 0 mg 0% Lycopene 5204 mcg Magnesium 22 mg 5,5% Mangan 0,150 mg 6,5% Seng 0,23 mg 2% Mineral Natrium 2 mg 0% Niacin 1,084 mg 7% Phyto-nutrisi Tembaga 0,230 mg 2,5% Protein 2,55 g 5% ß-karoten 374 mcg Pyridoxine 0,110 mg 8,5% Riboflavin 0,040 mg 3% Selenium 0.6 mcg 1% Serat diet 5.4 g 14%
  • Vitamin C 228 mg 396% Nutrisi yanga sangat di butuhkan tubuh.
  • Vitamin A 21% dari nilai harian, untuk menjaga kulit selaput lendir tetap sehat.
  • Folat 19%, sangat bagus buat ibu hamil untuk mencegah cacat tabung saraf.
  • Flavonoid termasuk beta karoten
  • lycopene, yang pada jambu biji merah muda telah ditemukan untuk melindungi kulit terhadap sinar UV dan membantu mencegah kanker prosta
  • Kalium – Kandungan kalium ini bermanfaat untuk denyut jantung serta tekanan darah.  
Adapun manfaat dan kasiat buah jambu biji antara lain:
Daun jambu untuk mengobati diare.
Daun jambu bisa di dunakan untuk obat diare dengan cara merebus 3 lembar daun biji segar dalam 3 gelas air biasa sampai  tersisa 1 gelas, kemudian itu saring dan minum air rebusannya. 
Jambu untuk Mengobati Sembelit.
Sembelit terjadi karena gangguan pencernaan jambu biji dapa membantu pembentukan gerakan usus dan membantu tubuh dalam mempertahankan air, dan benar-benar membersihkan usus. dengan sering  mengkonsumsi jambu biji dapat membantu kesehatan pencernaan.

Mengurangi Hipertensi.
Jambu bermanfaat mencegah penebalan darah, sehingga dapat mempertahankan fluiditas darah dan mengurangi tekanan darah. Selain membantu mengurangi kolesterol dalam darah buah Jambu sangat kaya serat dan hipoglikemik sehingga efektif membantu menurunkan tekanan darah.
Bermanfaat untuk anti tumor.
Pada buah jambu terdapat kandungan lycopene yang bermanfaat sebagai zat anti-inflamasi yang bisa mencegah pertumbuhan tumor.

Bermanfaat untuk mencegah kanker.
Zat antioksidan yang terdapaat pada jambu yaitu flavonid dan fitonutrien efektif untuk mencegah kanker. selain itu kandungan vitamin C yang tinggi pada buah jambu sangat bermanfaat menetralkan radikal bebas yang bisa menyebabkan kanker.
Buah jambau bermanfaat untuk menambah jumlah darah.
Vitamin E, K, folat, niasain, mangan, tembaga, magnesium, dan asam panthothenic yanga terkandung pada buah jambu sangat bermanfaat untuk menambah sel darah merah.
Buah jambu menyehatkan kulit.
Vitamin A, B, C, dan potasium juga termasuk antioksidan yang terkandung pada jambu sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit.Kandungan likopen pada buah jambu  mampu mencegah kerusakan kulit akibat sinar matahari.
Jambu bagus untuk program diet.
Dengan mengkonsumsi jambu yang cukup pada siang siang hari mampu menahan rasa lapar sampai malam, karena buah jambu biji mengandung serat  bisa mengikat makanan pada lambung. kandungan buah jambu untuk makan siang saat program diet membuat perut lebih cepat kenyang tanpa kolesterol dan karbohidrat.

Baiklah Itulah tadi beberapa kandungan dan manfaat akan buah jambu mungkin masih banyak lagi semoga artikel di atas dapat membantu dan bermanfaat.

Buah jambu biji yang banyak manfaat dan kasiat untuk kesehatan kita. Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Admin

0 komentar:

Posting Komentar